Ragam Baju Batik Nusantara

Model Batik Sarimbit

BATIK INDONESIA – Ada beberapa pandangan yang mengelompokkan batik menjadi dua kelompok seni batik, yakni batik keraton (Surakarta dan Yogyakarta) dan seni batik pesisir. Motif seni batik keraton banyak yang mempunyai arti filosofi, sarat dengan makna kehidupan. Gambarnya rumit/halus dan paling banyak mempunyai beberapa warna, biru, kuning muda atau putih. Motif kuno keraton seperti pola panji (abad ke-14), gringsing (abad 14), kawung yang diciptakan Sultan Agung (1613-1645), dan parang, serta motif anyaman seperti tirta teja.

Kemudian motif batik pesisir memperlihatkan gambaran yang lain dengan batik keraton. Batik pesisir lebih bebas serta kaya motif dan warna. Mereka lebih bebas dan tidak terikat dengan aturan keraton dan sedikit sekali yang memiliki arti filosofi. Motif batik pesisir banyak yang berupa tanaman, binatang, dan ciri khas lingkungannya. Warnanya semarak agar lebih menarik konsumen.

Batik sekarang ditampilkan dalam bentuk busana trendi, dan produsennya pun rajin bereksperimen dalam corak dan warna.Image kain batik sebagai bagian dari busana tradisional yang tidak up to date, lenyap sudah. Peran disainer Indonesia yang menciptakan beragam busana modern dari kain batik, telah mengangkat citra batik menjadi bahan pakaian modern dan bahkan trendi.

Tak heran, busana pria dan wanita dari segala usia, yang terbuat dari bahan batik, kini sangat mudah ditemukan di sebagian mall kota-kota besar. Bahkan, di mall yang sangat berkelas.Perkembangan positif ini disambut gembira oleh perajin batik. Mereka pun mulai bereksperimen dengan pola, corak, bahkan warna.Batik, tak lagi terikat pada pakem tradisional, yang cenderung membosankan dan kurang kreatif.

Maka, bermunculanlah kain batik dengan ragam yang lebih menarik.

Dari segi teknik atau cara pembuatannya, ada 5 jenis kain batik yang dijual orang, yaitu batik tulis, batik kombinasi (kombinasi batik cap dan batik tulis), batik cap, batik printing dan batik cabut (kombinasi batik printing dan batik tulis).Untuk mengetahui dengan jelas, apakah sehelai kain batik itu termasuk jenis batik tulis atau yang lain, diperlukan kejelian dan ketelitian ekstra.

Trend batik menjadi busana nasional yang trendi, juga membangkitkan ragam batik-batik dari berbagai daerah di luar Jawa, seperti batik Jambi, bahkan batik Papua. Masing-masing daerah ini memiliki pola tradisional dan warna yang khas. Sesuai dengan pola pikir dan budaya masyarakatnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...