Batik ATBM di Apip's Batik

Perjalanan saya kali ini menuju ke sebuah rumah yang teduh nan nyaman yang berada di daerah jalan Kaliurang, tepatnya Jln. Pandega Marta 37A, Pogung. Nama toko yang saya tuju adalah Apip’s Batik, cukup pendek dan mudah untuk diingat. Apip’s batik adalah salah satu toko kerajinan batik yang ada di Jogja. Tentu saja ada yang membedakannya dengan kerajinan batik yang lain, so come on, let’s check it out!

Pada awalnya, motif batik di Apip's batik berlatar belakang pada budaya batik Pekalongan. Namun seiring dengan perkembangannya, Apip's saat ini telah memiliki ciri khas tersendiri dengan menghadirkan berbagai motif daerah di pelosok negeri yang pewarnaannya sudah mengambil warna-warna modern, tanpa meninggalkan pewarnaan batik tradisional.

Keistimewaan yang dapat Anda temui di Apip’s batik adalah bahan batik yang terbuat dari sutera. Tapi tunggu dulu, bukan sembarang sutera, melainkan sutera tenun tradisional yang kini lebih dikenal dengan sutera ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Untuk bahan sutera ini, Apip’s sudah memiliki mitra kerja tetap sehingga tekstur kain bisa khas dan berbeda dengan sutera ATBM lain yang ada di pasaran. Selain bahan batik dari sutera ATBM, Apip’s juga menyediakan batik dari sutera super dan sutera mesin.

Istimewanya lagi, untuk pewarnaan batik-batiknya, Apip's batik menggunakan tumbuh-tumbuhan yang bisa menghasilkan berbagai warna modern sebagai bahan utama. Walau banyak warna batik modern, warna sogan yang merupakan warna batik tradisional pun tidak dilupakan dan tetap dipakai dalam beberapa kerajinan batiknya. Sedangkan untuk motif batiknya sendiri, tersedia batik tulis dan batik cap. Khusus untuk batik cap, pengerjaannya juga tetap mendapatkan sentuhan batik tulis pada motif-motif tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh cap demi mendapatkan motif batik yang sempurna. Anda pasti semakin penasaran dengan barangnya, kan?

Sebagai informasi, Apip’s batik memiliki bidikan atau sasaran pasar orang dewasa, seperti suami-istri, atau orang yang sudah mapan pekerjaannya. Karenanya penggarapan dan barang-barangnya pun disesuaikan dengan pasar tersebut. Barang-barang kerajinan batik yang bisa Anda temukan adalah berbagai produk pakaian dan asesorisnya. Ada kain pantai atau pareo, selendang besar dan selendang kecil, sarimbit (pakaian untuk pasangan suami istri), three in one, serta berbagai model pakaian dewasa laki-laki dan perempuan.

Soal pilihan, semua kembali kepada selera Anda sebagai pembeli. Yang pasti, Apip’s batik menyediakan berbagai pilihan yang bagus dan berkualitas tinggi. Soal harga, sebagai gambaran saja, bahan kemeja dari sutera ATBM berkisar antara Rp 900.000,- - Rp 1.250.000,-. Sedangkan dari bahan sutera super berlisar antara Rp 450.000,- - Rp 800.000,-. Kain selendang dari sutera super, harganya sekitar Rp 400.000,- - Rp 1.500.000,-, dan yang sutera ATBM sekitar Rp 1.750.000,- - Rp 7.500.000,-.

Berminat untuk tahu lebih banyak? Anda dapat langsung mendatangi tokonya atau menghubungi via telepon di +62-274-589914, 580665. Kalau Anda juga penasaran dengan kegiatan produksi Apip’s batik, Anda dapat mengunjungi griya seninya di Pugeran Maguwoharjo, Ring Road utara (+62-274-7484477). Tapi karena hanya rumah produksi, Anda pun tidak bisa membeli barang kerjinan di sana.(titi)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...