Beragam Baju Batik Koleksi �Bona�

Trend batik semakin berkembang akhir-akhir ini. Jika dulu masyarakat mengenal batik hanya pada kain dan kemeja pria, saat ini banyak wanita dan anak-anak yang juga gemar mengenakannya. Beberapa daerah seperti Jogjakarta, Solo, dan Pekalongan terkenal sebagai penghasil batik. Jika batik Jogjakarta dan Solo dikenal memiliki pakem dan aturan tertentu dalam pemakaiannya, batik Pekalongan cenderung lebih bebas. Kebebasan ini salah satunya nampak dari hasil batikan yang memiliki ragam corak dan warna yang cukup banyak.

“Satu hal yang turut mempengaruhi kebebasan batik pekalongan adalah lokasinya yang berada di sekitar pesisir”, ungkap Vita, putra ke-dua Any Rakhmaningsih sang pemilik Bona Batik. Tidak mengherankan bila akhirnya muncul aneka motif batik dari berbagai hewan, tumbuhan, maupun unsur alam dengan warna-warna cerah. Batik-batik itu semakin terlihat indah dengan aneka model baju yang sedang trend di kalangan masyarakat. Untuk mendapatkan berbagai koleksi tersebut Anda dapat berkunjung ke Batik Bona yang beralamat di Jl. Gejayan Soropadan No. 35 Jogja. Disana Anda akan menemukan beraneka macam baju mulai dari baju untuk anak-anak, remaja, wanita dan pria, serta daster santai untuk ibu-ibu yang tentunya sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman atau sanak keluarga.

Usaha yang lebih fokus pada pakaian ini telah berdiri sejak puluhan tahun silam. Sebutan ‘Bona’ sebenarnya merupakan warisan dari sang nenek. Saat itu Bona merupakan toko perlengkapan bayi. Setelah diambil alih oleh Any Rakhmaningsih sekitar tahun 1983 usaha ini dialihkan ke batik untuk turut mengembangkannya sebagai salah satu kekayaan budaya. Sementara di Jogjakarta usaha ini baru berdiri sekitar dua tahun lalu.Batik pada umumnya terbagi menjadi dua macam yakni, batik tulis dan batik cap. Itu pulalah yang ditawarkan oleh Bona Batik dalam koleksinya. Meskipun berasal dari pekalongan, batik yang ditawarkan tidak melulu bermotif bebas dan cerah. Ada beberapa motif Jogja yang yang rapi dan ‘batik banget’ dengan warna coklatnya dalam berbagai model baju.

Tingkat kerumitan dalam pembuatannya tentu akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Batik cap misalnya, dalam balutan daster dan baju santai dapat diperoleh dengan harga Rp 22.500. Sementara untuk koleksi baju pria dan wanita dengan model lebih resmi harganya berkisar antara Rp 55.000 hingga Rp 325.000.Bona batik juga melayani permintaan dalam partai besar. Jika Anda berniat untuk menyalurkannya sebagai salah satu usaha, mereka siap melayami. (les)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...