Batik, Kain Tradisional Indonesia


Ini tidak mungkin untuk mengunjungi atau tinggal di Indonesia dan tidak terkena salah satu bentuk yang paling maju di negara itu seni, batik. Pada kunjungan pertama Anda ke toko batik atau pabrik Anda pasti akan mengalami rangsangan indra yang luar biasa - karena banyak warna, pola dan bau sebenarnya batik. Hanya melalui kunjungan berulang-ulang dan sedikit penelitian akan jenis desain dan asal-usul mereka menjadi nyata.

Kata batik dianggap berasal dari kata 'ambatik' yang diterjemahkan kain berarti 'dengan titik-titik kecil'. Akhiran tik berarti 'kecil dot, drop, titik atau membuat titik. Batik juga dapat berasal dari kata Jawa 'tritik' yang menjelaskan proses menolak untuk mati di mana pola disediakan pada tekstil dengan mengikat dan menjahit area sebelum mati, mirip dengan teknik tie dye. Jawa fase lain untuk pengalaman mistik pembuatan batik, Äúmbatik manah, AU yang berarti, Äúdrawing desain batik pada jantung, AU.
Sejarah Singkat

Meskipun para ahli setuju untuk tepat asal-usul batik, contoh pola resistansi pewarna pada kain dapat ditelusuri kembali 1500 tahun yang lalu ke Mesir dan Timur Tengah. Sampel juga telah ditemukan di Turki, India, Cina, Jepang dan Afrika Barat dari abad yang lalu. Meskipun di negara-negara orang-orang menggunakan teknik dye menolak dekorasi, dalam bidang tekstil, tidak ada telah mengembangkan batik untuk saat ini bentuk seni sebagai batik yang rumit sangat berkembang yang ditemukan di pulau Jawa di Indonesia.

Raja Kertajasa Jawa Timur 1294-1309Although ada menyebutkan 'kain sangat dihiasi' di transkrip Belanda dari abad ke-17, kebanyakan ahli percaya bahwa desain batik Jawa yang rumit hanya akan mungkin terjadi setelah impor kain tenun halus impor, yang pertama kali diimpor ke Indonesia dari India sekitar tahun 1800-an dan sesudahnya dari Eropa awal tahun 1815. pola Tekstil dapat dilihat pada patung-patung batu yang diukir di dinding-dinding candi Jawa kuno seperti Prambanan (AD 800), namun tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa kain batik. Ini mungkin bisa menjadi pola yang dihasilkan dengan teknik menenun dan tidak mati. Yang jelas adalah bahwa dalam abad ke-19 batik menjadi sangat maju dan sangat tertanam dalam kehidupan budaya Jawa.

Beberapa ahli merasa batik yang pada awalnya disediakan sebagai bentuk seni untuk royalti Jawa. Tentu saja itu sifat kerajaan jelas sebagai pola-pola tertentu yang disediakan untuk dipakai hanya dengan royalti dari istana Sultan. Putri dan perempuan mulia mungkin telah memberikan inspirasi untuk desain arti yang sangat halus jelas dalam pola-pola tradisional. Hal ini sangat tidak mungkin meskipun bahwa mereka akan terlibat dalam lebih dari aplikasi lilin pertama. Kemungkinan besar, pekerjaan berantakan pencelupan dan waxings selanjutnya diserahkan pada pengrajin pengadilan yang akan bekerja di bawah pengawasan mereka.

royalti Jawa dikenal sebagai pelindung besar seni dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai bentuk seni, seperti ornamen perak, wayang kulit (wayang kulit) dan orkestra gamelan. Dalam beberapa kasus, bentuk seni tumpang tindih. Jawa dalang (dalang) tidak hanya bertanggung jawab atas boneka wayang tetapi juga Tambil Miring Designan sumber penting dari pola batik. Wayang wayang biasanya terbuat dari kulit kambing, yang kemudian berlubang dan dicat untuk menciptakan ilusi pakaian boneka. boneka Digunakan sering dijual kepada wanita yang ingin menggunakan boneka sebagai pemandu bagi pola batik mereka. Mereka akan meniup arang melalui lubang yang mendefinisikan pola pakaian di boneka, untuk desain rumit salin ke kain.

ulama lain tidak setuju batik yang hanya disediakan sebagai bentuk seni untuk royalti, karena mereka juga merasa penggunaannya umum terjadi dengan rakyat, orang-orang. Ini dianggap merupakan bagian penting dari prestasi wanita muda yang ia mampu menangani canting (alat seperti pena yang digunakan untuk menerapkan lilin pada kain) dengan jumlah yang wajar keterampilan, tentu sama pentingnya dengan masakan dan seni rumah tangga lainnya untuk Jawa Tengah perempuan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...